Pengalaman Ronee Menjadi Juri audisi Indonesian Idol wilayah Surabaya

ronee deavin being judges for surabaya audition

Thanks God.. selama 3 hari tanggal 21-23 desember saya mendapatkan kesempatan menjadi juri audisi indonesian idol 2010 wilayah Surabaya.

banyak kisah menarik, menyentuh, campur aduk deh.. selama mengamati potensi-mendengarkan-dan mengambil keputusan ya atau tidaknya peserta lolos ke babak berikutnya.

indonesian idol 2010 sendiri mempunyai visi menghasilkan ‘superstar’ sehingga dari awal tahapan audisi ini, terasa benar kami mencari talenta dengan standart tinggi.

tak heran banyak sekali yang -maaf- kami belum bisa loloskan kali ini. faktor suara menjadi faktor utama penentu keberhasilan.

saya sendiri karena sehari-hari mendengarkan banyak sekali suara dan bekerja berjam2 di studio rekaman, juga mendengarkan suara murid2 saya sewaktu privat, mendengarkan suara yang pitchy apalagi fals sangat mudah, dan mungkin ini yang seringkali tidak disadari peserta. mereka merasa perfect, padahal out of tune dimana-mana.🙂

Juri Ingin Berkata Ya

Pada dasarnya, di hati juri kami ingin berkata Ya untuk memberikan kesempatan pada setiap peserta, akan tetapi disaat yang sama kami juga harus bertanggung jawab terhadap pilihan kami dan itu juga mempengaruhi kredibilitas kami sebagai juri. kalo kami meloloskan seorang peserta yang kemudian ternyata jelek, kami sebagai juri yang akan malu dan kemampuan kami akan dipertanyakan. Karna itu mengingat standart untuk tahun ini ditingkatkan, kami benar-benar berhati-hati untuk berkata YA.

Saran Untuk Peserta

Siapkan MENTAL. sebagus apapun anda, kalau mental anda jelek, pasti kemampuan anda turun drastis. ingat tujuannya anda akan menyanyi di depan ribuan orang dan disorot kamera TV dan cahaya diamana2. jadi audisi lokal yang hanya bertemu beberapa orang di ruang audisi harusnya sesuatu yang ringan buat anda. Saya masih ingat seorang peserta yang masuk ke ruangan saya dan dia sama skali tidak mampu mengeluarkan suaranya seperti orang bisu, mulut terbuka tapi suara tidak bisa keluar karena tegangnya.

Siapkan BEBERAPA LAGU.
ingat, anda harus bisa menyanyikan lagu yang disukai banyak orang, bukan hanya yang anda sukai. mungkin sekali anda menyanyikan lagu favorit anda, juri menyukai anda, dan anda akan digali habis-habisan untuk lagu-lagu lainnya yang mungkin benar-benar di luar hobi anda.

Salut buat Team RCTI

Saya pribadi kagum dengan smangat kerja rekan-rekan RCTI. mulai dari eksekutif produsernya, produser, team kreatif dan semua yang terlibat sangat profesional di bidangnya. Mereka bekerja dengan semangat, menciptakan suasana kerja yang seru, fun, tapi tetap serius. harapan saya Indonesian Idol tahun ini makin bagus dan menghasilkan superstar seperti yang diharapkan.

oke..

cerita-cerita yang lain akan saya bagikan kalau ada waktu lebih.

salam.
Ronee Deavin

5 Responses

  1. makasih banget dah ngasih saran yang bagus banget,,semoga aku bisa kaya yang kaka katakan dia atas…!jangan lupa bagi-bagi laghe saran yang bagus yah ka?

  2. To mas roNy.
    Salam knal aja mas dr aq ank kmrn sore dr poNorogo.
    Snang bs brjumpa dgn anda lwat artikel anda di blog ini.
    Ya info mas ini smakin membuang jauh pikiran negatif saya tTG idol.
    Soalx bny tmen2 yg udh ikt audisi di sby, mdan..mreka bilang penjurianx tdk fair? Katax bnyk orng dlm yg brmain curang.
    Aq siH menangGAPIX dingin saja dan masa bodoh.
    Mungkin mreka bilang bgto karena mreka cuman lg kesel aja gara2 gk lolos. Soalx rasax gk lolos itU kyak apa, aq jg ngalami bgt.

    Ya aq siH gk heran kLO knpa suara yg buagus malah gk di lolosin, tp suara yg pas2 an malah di lolosin. Soalx pas ikt idol 5 di madiun kmrn,udh bnyk kejadian kyak gto.
    Ya aq akui aq adlh orang yg trmsuk bruntUNG bs lolos mewakili madiun uTK bs ke jakarta, mskipun di blakang layar trnyta aq sbnarx di peralat sbg sarana koMEdi hIBURan aja. Tp tak apa lah, krn dgn bgitu aq dpt pngalaman bnyk bgt di jakarta, truTAMA pas di koMENTARI peDAS mbk titi dj mas anang, dan mas indra. Katax vokal aq mentah bgt,dan sangat kaCau.
    Maka dr itU, selang hmpir 2 th,skrg aq udh bs brubAH cra nyanyi aq ,meskipun cuma rubAHx sdikit.
    Dan semua ini berkat orang recording yg ngurusin band aq yg slalu mengarahkan aq yg mana yg benar yg mana yg salah.

    Ya di idol 6 ini aq mw nunjukin aja kpd mreka truTAMA mas anang, bhwa nyanyi aq gk sekaCau di idol 5 kmrn. Dan gk brharap bgt bwt jd idola. Soalx aq tau diri bgt, kemampuan vokal aq msiH jauh dr mumpuni.

    sayang bgt ya, mas gk bs jd juri di jogja. Pasti kLO jd juri gtU ,aq BKAL sneng bgt bs ktmu lngsung ma mas rony..he.he..

    maAF kumentx kepanjangan..he.he..
    Sukses aja bwt karier mas doNY.
    Aq mw undur diri dlu.thanks bwt tempatx!

  3. yupppzzz saya pegang kata” nya..

  4. thanks beud ya kak,,
    atas saran nyo,,,
    aduh,,, jadi takut…
    tapi smangat yo, wat eang ikutan,,,

  5. wahh thanx sarannya
    jd termotivasi untuk tambah kemampuan diri
    mau tanya dong, Anda kn jd juri pre audisi, apakah yg d loloskan d tahap itu ada 2 bagian?
    pertama krna suaranya bagus, kdua krna lucu (coba lagi award)
    krna klo qta lihat d babak judging tnyata byk yg culun2 tampil d babak judging

    lalu apa saja yg hrs dbwa bwt sudah dftr online?
    apakah tetap hrs bwa formulir dr koran sindo?
    mohon infonya..
    thanx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: